FUNGSI ACCESS POINT DAN CARA KERJANYA DALAM KONEKSI INTERNET (XII TKJ)

 

FUNGSI ACCESS POINT DAN CARA KERJANYA DALAM KONEKSI INTERNET

Fungsi Access Point Dan Cara Kerjanya Dalam Koneksi Internet

 Koneksi internet, menjadi pencarian setiap orang saat sedang jalan-jalan ke pusat perbelanjaan atau sekedar nongkrong di cafe, yang akan kita lakukan pasti menonaktifkan data seluler yang ada di smartphone menggantinya dengan sambungan wifi (wireless fidelity) yang biasanya tersedia. Koneksi internetnya pun dibilang sangat memuaskan sehingga kita bisa browsing atau menikmati sosial media dengan lancar. Bahkan saat kita berpindah-pindah ruangan di pusat perbelanjaan itu sinyal wifi terbilang stabil dan tidak ada masalah. Kalau dipikir-pikir, “kok bisa ya sinyal wifi menjangkau bangunan seluas itu?.” Hal ini ternyata tidak luput dari peran access point. Untuk tahu apa itu access point, fungsi dan kelebihannya, bisa kita simak melalui artikel di bawah ini.

 Pengertian Access Point

Access point merupakan salah satu perangkat dalam jaringan komputer yang berguna untuk membuat jaringan nirkabel yang sifatnya lokal atau disebut dengan istilah Wireless Local Area Network (WLAN). Pada access point terdapat antena dan transceiver, komponen ini bertugas untuk memancarkan dan menerima sinyal dari client server ataupun menuju client server. Untuk bisa memancarkan sinyal wifi tersebut, biasanya access point akan disambungkan ke perangkat keras seperti router, hub atau switch melalui kabel ethernet. Dengan keberadaan access point ini sinyal wifi dapat menjangkau semua ruangan atau area walaupun banyak tembok atau sekat yang menghalangi. Cukup dengan bermodalkan password yang ada pada access point anda bisa menikmati koneksi internet tanpa batas dengan lancar. Access point ada tiga macam yaitu access point indoor, access point outdoor dan access point router.

 

Fungsi Access Point

Access point memiliki fungsi utama sebagai pemancar sinyal internet. Tak hanya itu, access point memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti bisa dipakai untuk mengatur akses yang ada di suatu perangkat berdasarkan MAC address, sebagai Dynamic Host Configuration Protocol (DHCP) server sehingga mampu memberikan IP address di setiap perangkat yang terhubung. Fungsi lainnya yakni menggantikan fungsi hub yang menghubungkan jaringan lokal nirkabel dengan jaringan kabel. Disamping ketiga fungsi tersebut, access point dapat memberikan fitur keamanan WEP (Wired Equivalent Privacy) dan WAP (Wireless Application Protocol) .

 

 

 

Tipe Access Point

 

1. Access Point Mode (AP Mode)

Perangkat ini berfungsi untuk menyalurkan sambungan kabel ke nirkabel. Mempunyai kinerja menyerupai switch dan letaknya ada di belakang router. Tipe ini umumnya dipakai di tempat-tempat yang hanya menyediakan jaringan kabel.

 

2. Repeater Mode

   Alat ini dipakai untuk menambah jangkauan nirkabel dengan SSID (Service Set Identifier) dan keamanan yang serupa. Alat ini dipakai untuk memperkuat sinyal pada tempat-tempat yang sudah memiliki jaringan wireless tapi pemancaran sinyal kurang merata. Repeater mode ini hanya memiliki satu SSID saja yang memungkinkan anda untuk mengakses di seluruh tempat.

 

3. Bridge Mode

    Cara kerja dari bridge mode ini dengan dengan membuat dua jaringan individu dalam satu internet untuk dua grup. Bridge mode ini menggunakan jaringan nirkabel dan menyebarnya dengan menggunakan SSID serta password yang sama. Bridge mode ini mendukung tempat-tempat seperti restoran,kantor bahkan rumah yang menyediakan layanan internet tanpa harus menggunakan sandi.

 

4. Client Mode

    Client mode banyak digunakan pada smart TV, media player, konsol game dan perangkat lain yang hanya memiliki port ethernet.

 

5. Wireless Router Mode

    Dengan mode ini anda dapat berbagi satu koneksi internet kabel ke beberapa klien. Pada mode ini hanya ada satu port WAN (Wide Area Network) yang mendukung beberapa jenis koneksi. Maka apabila anda melakukan akses internet dari DSL atau modem kabel yang disediakan untuk satu user saja, wireless router mode ini adalah pilihan yang tepat.

 

6. AP Client Router Mode

   AP client ini memungkinkan anda untuk terhubung ke jaringan nirkabel dan berbagi koneksi ke yang lain. Tipe ini dipakai bagi wireless station yang membatasi jumlah klien serta mensyaratkan pengisian username dan sandi agar bisa terhubung ke jaringan.

 

 

 

 

 

PENGERTIAN AP

Apa itu access point? Access point adalah perangkat keras jaringan komputer yang menghubungkan piranti nirkabel (tanpa kabel) dengan jaringan lokal menggunkan teknologi seperti wifi, bluetooth, wireless, dan lain sebagainya.

Access point juga sering disebut dengan wireless local area network (WLAN). Perangkat ini berfungsi untuk mengirim dan menerima data yang berasal dari adapter wireless.

Komponen yang dimiliki access point adalah antena dan transceiver, dua komponen access point ini berfungsi untuk memancarkan dan menerima sinyal internet dari client server ataupun sinyal internet yang menuju client server. Umumnya, access point akan disambungkan dengan perangkat keras seperti router, hub, atau switch melalui kabel thernet supaya dapat memancarkan sinyal.

Kelebihan yang didapatkan ketika menggunakan access point adalah sinyal wifi yang dipancarkan dapat menjangkau semua ruangan walaupun terhalang banyak tembok atau sekat antar ruang.

 

Fungsi acces point

 

Fungsi utama access point adalah mengizinkan atau menolak perangkat untuk terhubung dengan jaringan lokal yang sama.

Berikut ini fungsi-fungsi access point secara rinci:

1.       Fungsi access point adalah sebagai penyebar sinyal internet kepada perangkat yang terhubung memalui gelombang radio.

2.       Access point adalah penghubung antar jaringan, yaitu jaringan lokal yang memakai kabel dengan jaringan nirkabel seperti wifi, wireless, bloetooth dan lain sebagainya.

3.       Access point juga dapat digunakan untuk mengatur IP address secara otomatis terhadap perangkat yang terhubung.

4.       Dengan dilengkapi fitur keamanan WEP atau WAP yang biasa disebut shared key-autenthication, access point dapat digunakan sebagai pengaman.

 

Cara Setting Access Point

Saat ini banyak yang memilih menggunakan acces point tp link, dikarenakan access pont tp link merupakan salah satu access point terbaik. Berikut ini cara setting acces poit tp link:

1.       Sebelumya, Anda harus menyiapkan access point, kemudian memasang antena, kabel arus atau power, kabel LAN pada access point dan menghubungkan kabel LAN ke perangkat komputer ataupun laptop.

2.       Setelah itu, setting IP addres dengan cara masuk pada control panel-network connection, lalu pilih internet protocol TPC/IP, klik properties, kemudian pilih use the folowwing IP address.

3.       Langkah selanjutnya, isi IP address pada kolom yang tersedia. Kemudian klik ok dan close.

4.       Selanjutnya, Anda perlu memeriksa apakah sudah terkoneksi dengan benar, dengan cara klik star-run ketik cmd tekan enter. Setelah masuk di cimmand prpmt, masukkan IP address untuk memanggil IP address

5.       Setelah itu, akan muncul “reply from….” Anda dapat melihat IP address-nya pada bagian bawah access point.

6.       Langkah selanjutnya adalah melakukan setting access point dengan membuka browser dan mengetikkan IP address point yang telah ditentukan sebelumnya, lalu tekan enter.

7.       Kemudian, masukkan username dan pasword pada kolom yang tersedia, lalu tekan enter.

8.       Setelah itu, lakukan konfigurasi access point pada halam AP

9.       Langkah selanjutnya, masuk ke tab network, kemudian lakukan pengaturan standar dan klik

10.   Masuk ke tab wireless untuk melakukan setting SSID, region, dan mode. Lalu klik save.

11.   Kemudian masuk ke wireless mode, pilih acces point dan chrecklist enable SSID boadcast lalu klik save

12.   Langkah terakhir adalah masuk ke DHCP, kemudian pilih enable dan klik save

 

Cara Kerja Access Point

https://qwords.com/blog/wp-content/uploads/2020/04/router-23240_640.png

Access point adalah perangkat keras jaringam komputer yang dapat bekerja pada perangkat yang sedang mencoba mengakses jaringan internet. Umumnya saat akan menyambungkan perangkat seperti laptop atau smartphone, pada layar laptop atau komputer tersebut akan tertera permintaan memasukkan pasword.

Kemudian setelah pasword dimasukkan, access point akan mengatur supaya perangkat Anda bisa terhubung dengan cara mencocokan pasword yang telah Anda masukkan ke access point apakah benar atau salah.

Jika pasword yang Anda masukkan benar, maka perangkat secara otomatis terkoneksi dengan internet. Jalur data yang disediakan access point adalah jalur data sinyal RF atau radio Frekuensi yang dibentuk oleh wifi dengan jalur elektrik pada kabel Ethernet.

 

 

 

 

Cara Kerja Access Point

  

Access point bekerja saat ada perangkat yang mencoba mengakses jaringan. Biasanya pada layar smartphone akan muncul tampilan yang berisi permintaan pengisian sandi. Selanjutnya access point akan mengatur agar perangkat tersebut bisa terhubung dengan cara mencocokan apakah sandi yang dimasukan ke access point sudah benar atau belum. Apabila sandi yang dimasukan sudah tepat maka akan memberikan alamat IP ke  perangkat supaya bisa terhubung ke jaringan. Access point menyediakan koneksi antara jalur data sinyal RF (Radio Frekuensi) yang dibentuk oleh wifi dengan jalur data elektrik pada kabel ethernet.

Banyak perangkat yang mendukung terciptanya koneksi internet wireless. Salah satu yang sudah disebutkan pada artikel diatas adalah access point. Semoga artikel ini dapat memuaskan anda yang belum paham akan access point. Untuk mengetahui tipe atau merk access point yang tersedia di pasaran akan lebih baik jika anda mengunjungi toko-toko yang menjualnya secara  langsung.

Komentar

  1. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh

    BalasHapus
  2. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani

    BalasHapus
  3. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani

    BalasHapus
  4. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani
    7. Nur Chikmah

    BalasHapus
  5. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani
    7. Ratnasari

    BalasHapus
  6. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani
    7. Ratnasari
    8. Waris Al Fa'i

    BalasHapus
  7. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani
    7. Ratnasari
    8. Waris Al Fa'i
    9. Feri Setiawan

    BalasHapus
  8. List Absen XII TKJ 1
    1. Desianti
    2. Putri Amelia Rizki
    3. Dwi afriyanti
    4. Silviana hasaroh
    5. Novikun Cahyani
    6. Nur Laela Fitriani
    7. Ratnasari
    8. Waris Al Fa'i
    9. Feri Setiawan
    10.Moh.Adi suryana

    BalasHapus
  9. List Absen XII TKJ 2
    1. kHASBI MAULANA

    BalasHapus
  10. List Absen XII TKJ 2
    1. Fitri Anggraeni

    BalasHapus
  11. List Absen XII TKJ 2
    1.Khasbi maulana
    2.Fitri anggraeni
    3.Linda durotun nafisah

    BalasHapus
  12. List Absen XII TKJ 2
    1.Khasbi maulana
    2.Fitri anggraeni
    3.Linda durotun nafisah
    4. Rohmat hidayat

    BalasHapus
  13. List Absen XII TKJ 2
    1.Khasbi maulana
    2.Fitri anggraeni
    3.Linda durotun nafisah
    4. Rohmat hidayat
    5. Dika Khanif Al Barkah

    BalasHapus
  14. List Absen XII TKJ 2
    1.Khasbi maulana
    2.Fitri anggraeni
    3.Linda durotun nafisah
    4. Rohmat hidayat
    5. Dika Khanif Al Barkah
    6. Nur Juliastuti

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

TEKNIK PENGKABELAN JARINGAN KOMPUTER (XI TKJ)

Pengertian Hardware (X TKJ)